Selasa, 12 Juni 2012

Serombotan

Kuliner Bali memang tidak pernah berhenti dengan inovasinya, selain ingin memanjakan para turisnya, Bali juga ingin memberikan varietas baru terhadap makanan tradisional Indonesia. Salah satunya Sayuran Serombotan, yang merupakan makanan Khas Bali yang berasal dari Kabupaten Klungkung.




Kini ngga hanya di Klungkung, Serombotan juga bisa ditemui di warung-warung seperti Pasar Kreneng, Pasar Batubulan, Event Pesta Kesenian Bali, pasar Kumbasari dan tempat lainnya.

Apa saja sih yang menjadi isi dari Serombotan ini?

Serombotan mungkin secara tampilan lebih mirip dengan urap di Jawa, hanya saja di Bali diisi dengan bahan sayuran tambahan. Bahan-bahan pembuatan Serombotan padahal tergolong sederhana, seperti ; sayur buah botor muda atau paku, kangkung, buncis, tauge, kacang panjang, kecipri, pare, terung. 

Sedangkan kacang-kacangan yang digunakan adalah kacang tanah, kacang gude, kacang merah, kacang hijau (kencai) dan bumbu (sambal) terdiri dari 2 jenis sambal kelapa dan sambal koples. Kemudian diberi bumbu disebut kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah dan bawang putih, ketumbar serta sedikit kencur. Cara memasaknya yaitu dengan dimasak hingga kental. Rasanya enak dan gurih, sayurannya yang segar dan bila perlu rasanya dipedaskan pasti akan menjadi teman nasi OpenRicers yang cocok untuk makan.

Jadi tidak sulit buat OpenRicers makan urap khas Bali ini. Pokoknya buat OpenRicers Bali ataupun yang ingin ke Bali, cobain sensasi Sayuran Serombotan ini, dijamin enak dan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar