Minggu, 10 Juni 2012

Pulau Menjangan Bali

Anda sudah pernah mencoba olahraga diving atau menyelam di Bali? Tulamben, Nusa Lembongan atau mungkin tempatnya lainnya? Tempat yang satu ini juga menjadi salah satu favorit untuk diving site.

Pulau Menjangan banyak dikunjungi oleh wisatawan yang senang menikmati keindahan taman laut serta keindahan alam pulaunya. Penyelaman di perairan Pulau Menjangan bisa dilakukan sepanjang musim, yaitu dari bulan Januari sampai dengan bulan Desember. Jika Anda menyukai wisata alam, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengunjungi pulau ini.





Sesuai dengan namanya, pulau ini memang dihuni banyak menjangan. Saat bersantai di pulau ini, jangan kaget bila tiba-tiba muncul hewan bertanduk dari balik semak. Itu dia menjangan. Dulu, populasi menjangan di pulau ini cukup banyak. Namun akibat perburuan yang dilakukan sejumlah orang yang tidak bertanggungjawab, populasi menjangan di pulau ini, menyusut.. Pemerintah agaknya menyadari hal itu. Konservasi yang dilakukan pemerintah terhadap Pulau Menjangan dengan memasukkannya ke dalam zona TNBB, merupakan langkah untuk melindungi habitat menjangan dari kepunahan.
Pulau Menjangan adalah Pulau Karang yang terletak di ujung barat laut Pulau Bali. Pulau ini mudah dijangkau lewat Labuhan Lalang di Desa Sumber Kelompok Kecamatan Gerokgak ± 55 km sebelah selatan Kota Singaraja. Pulau Menjangan merupakan salah satu temaat menyelam terbaik di Dunia. Bayangkan di dunia loh !

Karang-karangnya tersusun menyerupai terasering dan menempel di dinding hingga kedalaman 50 meter. Ada karang biru, karang meja dan berbagai jenis karang lain yang dilindungi pemerintah. Konon, keindahan panorama bawah laut di kawasan ini tak kalah dibanding panorama bawah laut di Karibia.

Di sini keindahan dan misteri pemandangan bawah laut dapat ditemukan.Kecantikan taman lautnya telah mampu menarik perhatian para penyelam tingkat dunia. Pulau ini adalah bagian dari TNBB (Taman Nasional Bali Barat) dan semua kehidupan di pulau ini dilindungi. Tidak diperkenankan memancing, mencari karang atau berburu binatang di sini.

Untuk mencapai tempat ini dapat ditempuh melewati kota Singaraja atau alternativenya melalui Jembrana. Perjalanan dari kawasan Kuta atau Sanur sekitar 3,5 jam. Tentu semuanya akan terbayar ketika Anda sudah bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar