Minggu, 10 Juni 2012

Nasi Campur Bali


Nasi Campur adalah masakan khas Indonesia. Makanan ini terdiri dari nasi putih yang dihidangkan dengan bermacam-macam lauk-pauk. Lauk yang digunakan adalah sambalgoreng, abon, serundeng, tahu goring, ikan goring, telur dan lain-lain. Tergantung dari warung atau rumah makan yang menyajikannya nasi campur dapat memiliki variasi tersendiri. Masakan ini juga sering dijual dalam bungkus kertas atau daun pisang.

TIAP daerah di Indonesia mempunyai nasi campur khas masing-masing, seperti nasi rames atau nasi gudeg. Begitu pun Bali dengan nasi campurnya. Apa keistimewaannya?

Berbicara Bali memang tak pernah ada habisnya. Segalanya yang berlabel made in Bali sepertinya mempunyai kekuatan “magis” yang mampu memikat banyak orang. Tak heran, sebagian kalangan suka menjadikan provinsi yang terkenal akan tari kecaknya ini sebagai rumah kedua mereka.

Di balik ragam sajian makanan orisinal Pulau Dewata, ada satu yang menjadi incaran banyak orang. Apalagi kalau bukan nasi campur bali. Rasanya belum lengkap kunjungan ke pulau ini bila belum mencicipi kuliner legendaris tersebut. Paket nasi campur komplet pada umumnya meliputi nasi putih, kacang goreng, sate tusuk, sate lilit, urab, lawar, tum ayam, pepes ikan, ayam sisit, udang bumbu bali, telur, ares, dan sambal matah.

Sambal matah yang menjadikan nasi campur ini terasa pedas. Melihat penampilannya saja sudah cukup menantang dan mengundang selera. Sambal ini terbuat dari cabai rawit merah yang dipotong kecil-kecil kemudian dicampur garam dan digoreng dengan minyak kelapa murni atau minyak sayur hingga cabai sedikit layu, tapi tetap segar saat digigit. Bahanbahan yang digunakan untuk membuat sambal ini tidak diulek, melainkan hanya diiris. Begitu pun dengan terasinya. Terasi digoreng, setelah matang tinggal dicampur dengan bahan lain dan diberi perasan limau. Ditambah dengan bawang merah dan putih yang membuatnya harumsertadaun jeruk dan sereh yang turut dicampur ke dalam sambal. Sebelum disajikan, sambal dicampur dengan bawang goreng. Mantap pedasnya. 

Di Bali, setiap restoran atau rumah makan yang menyediakan nasi campur mempunyai versi masing-masing.Bukan hanya soal tingkat kepedasan, soal bumbu pun masakan Bali terbilang lebih menggigit. Boleh dibilang, semua jenis rempah digunakan untuk membuat satu jenis masakan khas Bali.Dan, rempah yang paling banyak dipakai adalah kencur. Untuk menghilangkan bau amis pada daging dan penambah rasa, itulah kegunaan kencur.

Tempat-tempat untuk mendapatkan Nasi Campur Bali yang biasa di kunjungi umumnya ;
  1. Rumah makan Nasi Campur Ayam Kampung Men Weti, yang terletak di Jalan Pantai Segara Sanur, Bali.
  2. Warung Made , yang terletak di Jalan Raya Kuta, Bali.
  3. Warung Satria, yang terletak di Jalan WR Supratman 254 Denpasar, Bali
  4. Warung Bu Mangku, yang terletak di Kedewatan Ubud, Bali
  5. Warung Wardani, yang terletak di Jalan Yudistira 2 Denpasar, Bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar