Minggu, 10 Juni 2012

Betutu Khas Bali


Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar. Ayam betutu juga merupakan makanan khas Gilimanuk. Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual. Konsumennya tidak hanya masyarakat Bali tapi juga tamu manca negara yang datang ke Bali, khususnya pada tempat-tempat tertentu seperti di hotel dan rumah makan atau restoran. Betutu tidak tahan disimpan lama.


Menemukan tempat yang pas untuk mencoba masakan Betutu khas Bali tidaklah sulit. Banyak sekali warung masakan lokal yang khusus menjual ayam Betutu, hanya saja cuma beberapa menurut saya yang bisa menunjukkan lezatnya ayam atau bebek Betutu makanan khas Bali.

Ada tiga tempat yang saya rekomendasikan jika ingin mencoba kelezatan masakan khas bali ini.
  
  • Pertama ayam betutu Ibu Ida yang ada jauh di Gilimanuk, mungkin bisa di coba jika ke Bali melalui perjalanan darat, karena lokasinya dekat dengan pelabuhan penyeberangan Gilimanuk. Di ayam Betutu ibu ida ini pertama kalinya saya merasakan ayam Betutu khas Gilimanuk.
  • Kedua, lebih dekat dari pusat pariwisata bali pantai Kuta dan Bandara ngurah rai, satu tipe dengan ayam betutu Ibu Ida yang pedasnya benar – benar terasa.  
  • Ketiga ada di jalan Kubu Anyar, ayam betutu di tempat ketiga ini tidak terlalu pedas, tetapi rasa bumbunya sama enaknya dengan ayam Betutu khas Gilimanuk. Tempat ketiga juga cocok untuk yang tidak terlalu suka dengan masakan pedas tetapi ingin mencoba masakan ayam Betutu.

Entah ayam Betutu , bebek Betutu yang jelas mendengarnya saja bikin ngiler, pedasnya yang pas!!, bercampur rasa gurih dari kuah bumbunya pasti membuat orang ingin mencoba masakan khas Bali ini ketika berada di Bali. anda mau coba? silahkan!!

   .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar