Rabu, 10 Oktober 2012

Pantai Tulamben


Satu lagi objek wisata pantai di wilayah timur Bali yang menjadi daya tarik wisatawan untuk diving dan snorkling, yaitu pantai Tulamben. Terletak di sebuah desa kawasan Timur pulau Bali, sebelah Utara pantai Amed. Kedua pantai ini memang memiliki kemiripan karakter. Pantai Tulamben menghadap ke selat Lombok, kaya dengan biota laut yang sangat indah dan terumbu karang yang sangat mempesona. Dari segi keragaman biota lautnya Tulamben menjadi salah satu spot diving terbaik di dunia. Jika anda punya hobby menyelam/ diving, maka selama liburan di Bali, wajib untuk datang ke objek wisata di Bali ini.


Tulamben terletak di Kecamatan Kubu, Kab. Karangasem. Melakukan wisata Tour ke wilayah timur ataupun sewa mobil di Bali Tours Club dan memutuskan untuk setir sendiri, dari bandara sekitar 135km atau sekitar 3 jam perjalanan, ke arah Timur ada beberpa objek wisata yang anda lalui seperti Goa Lawah, Candidasa dan Tirtagangga. Anda melalu jalan lintas Kabupaten, jalan Ida Bagus Mantra, sampai di Karangasem (pertigaan Abang), ambil arah jalan menuju arah Utara (jurusan Singaraja).

Objek wisata Tulamben memang merupakan tempat surganya para penyelam, di sini anda bisa melihat bangkai kapal USS Liberty yang tenggelam 1963 akibat gempa bumi dan meletusnya Gunung Agung. Disepanjang pantai Tulamben terdapat sekitar 7 buah lokasi diving di sepanjang pantainya. Jika ingin menyelam, tempat yang bagus sekitar 50 – 200 meter dari bibir pantainya dengan kedalaman 5 – 30 meter, banyak biota laut yang susah anda jumpai kemungkinan bisa ditemui di sini, seperti ikan Mola-mola, paus, sampai hiu martil. Selain untuk diving anda bisa hanya sekedar jalan-jalan dipinggir pantai yang berkoral sambil melihat aktifitas nelayan, bisa juga berenang dan snorkeling. Selama musim liburan, hampir 100 penyelam setiap harinya melakukan aktifitasnya di sini….warnai liburan anda dengan sensasi wisata yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar