Senin, 02 Juli 2012

Tajog

Jaman dulu, kita sering melihat anak-anak dan orang dewasa bermain tajog. Dalam setiap perayaan tujuh belasan pun permainan yang tergolong masih tradisional ini sering dilombakan.


Sekarang ini udah jarang sekali anak anak dan orang dewasa memainkan tajog ini. entah apa alasannya, permainan tradisional ini (seakan-akan) mulai ditinggalkan.
 
SEKILAS INFO

Tajog adalah sepasang bambu yang difungsikan sebagai kaki, sehingga orang yang menggunakannya kelihatan jangkung dan langkanya panjang..

Cara pembuatannya pun tidak susah susah amat (menurut orang yang pernah membuatnya)
Siapkan dua batang bambu yang panjangnya sama. Kemudian sesuaikan dengan ukuran. Kalo anak anak biasanya panjangnya sekitar 1,65M dan untuk orang dewasa sekitar 1,85M – ini berdasarkan itungan mengira ngira . Pada Bagian bawah dipasang kayu pipih berbentuk siku siku sebagai tempat pijakan. Agar pijakan terasa nyaman, sesuaikanlah ukuran kayu dengan ukuran telapak kaki.

Permainan Tajog ini termasuk permainan yang gampang gampang susah. Gampang sewaktu melihat dan susah sewaktu mempraktikannya

Keseimbangan badan sangat diperlukan pada saat melakukan permainan ini, kalo tidak bisa menyeimbangkan badan maka berjatuhanlah kita nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar