Kamis, 12 Juli 2012

Pura Srijong

Pura Srijong memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pura-pura lainnya di Bali. Letaknya yang berada di bibir pantai yang dikelilingi oleh pepohonan soka dan semak-semak membuat pura ini memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang mengunjunginya. Bukan hanya itu, aura mistis nan mengandung kekuatan magis pun begitu kuat terasa ketika berada di sekitar Pura Srijong.

Pura Luhur Srijong merupakan pura Dang Kahyangan, yang mana di tempat ini digunakan untuk memuja Dewa Wisnu yang dipercaya sebagai manifestasi dari Sanghyang Widhi Wasa sebagai bentuk penguasa lautan. Pura ini memiliki konsep Tri Mandala, dimana di halamannya terdapat Bale Gong, Bale Pegat, Bale Pogo dan juga Kwargan Suci. Di halaman Madya terdapat Pelinggih Ratu Nyoman, Peliasan Ratu Nyoman, Lumbung, serta Bale Panjang.

Dan di halaman utamanya terdapat Padmasana, Meru Tumpang Tiga, Pelinggih Batara Segara, Palinggih Taksu Agung, Bale Simpan, Bale Agung, dan juga Bale Peliasan. Alkisah, bahwa dulunya di daerah ini warga pernah melihat adanya seberkas sinar yang muncul di tepian pantai yang berbatu katang. Kemudian warga meyakininya bahwa cahaya terang tersebut merupakan pertanda baik sehingga didirikanlah sebuah pura yang kemudian dikenal dengan Pura Luhur Srijong.

Kehidupan masyarakat sekitar pura sangat menggantungkan hidupnya dari sektor kelautan dan juga pertanian. Pergi melaut kalau sektor pertanian sedang tidak menanam, memanen padi/ palawija. Adapun beberapa failitas yang bisa dinikmati di pura ini antara lain warung penjual makanan dan minuman, toilet, areal parkir yang cukup luas. Kawasan Pura Srijong termasuk areal yang sangat dijaga kesucian dan kelestariannya karena nilai histori serta kesakralan yang dimiliki oleh pura ini, maka patutlah menjadi pertimbangan tujuan wisata bagi Anda penggemar sejarah serta bentuk arsitektur Bali nan indah.

Lokasi
Pura Srijong berada di Desa Soka Batu Lumbang, Kecamatan Bajera, Kabupaten Tabanan, Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar