Kamis, 26 Juli 2012

Pulau Penyu Bali

Salah satu binatang langka yang dilindungi pemerintah di Bali adalah penyu. Obyek wisata air Tanjung Benoa Bali, menawarkan paket wisata berkunjung ke pulau penyu Bali atau turtle island Bali yang dikombinasikan dengan melihat taman laut di lepas pantai.


Sebelum mengenal usaha wisata air, masyarakat Tanjung Benoa sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Namun seiring dengan perkembangan pariwisata di Bali, sebagian masyarakatnya sebagai pekerja di bidang pariwisata. Maka dari itu habitat penyu yang hampir punah dikelola secara swadaya oleh masyarakat.
Paket wisata yang disebut dengan Glass Bottom dan Turtle Island Bali sangat cocok bagi keluarga yang membawa anak kecil. Wisatawan akan diajak ke tengah laut sejauh 300 – 500 meter. Dengan menaiki perahu motor yang dibawahnya terdapat kaca bening, anda dapat menikmati indahnya terumbu karang dan berbagai ikan hias tanpa harus menyelam. Anak–anak dapat memberi makan ikan–ikan yang bebas berenang dari atas perahu kurang lebih selama 15 menit. 

Perjalanan dilanjutkan menuju ke pulau penyu selama 15 menit. Dalam perjalanan anda dapat menikmati pemandangan indah pantai Tanjung Benoa, kapal-kapal yang sedang bongkar muat, dan pesawat terbang yang lepas landas dari bandara Ngurah Rai. Dari kejauhan juga nampak kawasan hotel di wilayah Tanjung Benoa. Mulai dari hotel murah hingga hotel berbintang.

Sesampainya di pulau penyu, pemandu akan mempersilakan melihat-lihat penyu dan jangan lupa mengabadikannya dengan berfoto bersama penyu-penyu yang sudah langka keberadaannya. Disana akan diperkenalkan bagaimana cara memelihara penyu, telor penyu yang baru menetas, penyu yang siap menetaskan telornya, dan penyu yang berumur seratus tahun. Selain penyu ditempat penangkaran ini juga terdapat beberapa binatang lain seperti ular, burung elang, burung kakak tua, kelelawar, dan monyet. Anda akan ditemani oleh pemandu untuk berfoto dengan binatang- binatang tersebut.

Setelah selama 1 jam berkunjung di pulau penyu, anda akan kembali ke dermaga dengan kapat boat yang anda tumpangi tadi. Bagi anak–anak sungguh akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Wisata air ini lebih bersifat ke pendidikan yang akan menambah wawasan mereka tentang alam dan lingkungan. Ternyata betapa indahnya kehidupan di alam semesta ini. Kita patut menjaga kelestariannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar