Rabu, 25 Juli 2012

Pajegan

Pajengan atau kadang disebut dengan Gebogan adalah sebuah bentuk persembahan yang dikreasikan oleh umat Hindu Di Bali dengan merangkai berbagai macam buah-buahan hingga berbentuk sedemikian rupa dimana alat yang dipergunakan bernama Wanci,terbuat dari kayu berbentuk seperti piala namun datar dibagian atas dan bawahnya. Selain buah bagian atas juga dihias dengan Canang,jajan Bali dan terkadang di beri seekor ayam panggang.


Tinggi rendahnya  Pajegan / Gebogan tergantung keiklasan dan kemampuan dari masing-masing individu pembuat Pajegan / Gebogan tersebut, karena nilai dari sebuah Pajegan / Gebogan tidaklah diukur dari tinggi atau rendahnya akan tetapi dari keiklasan hati dalam menunjukkan rasa syukur atas apa yang telah diterima. Dan selebihnya merupakan bentuk pengapresiasian seni.

Pajegan biasanya dibikin oleh masyarakat Hindu untuk dihaturkan jika mereka ke Pura atau dibikin untuk memeriahkan berbagai upacara adat yang ada di Bali. Biasanya digotong oleh para perempuan menuju ke pura setempat,itu sungguh pemandangan yang luar biasa indah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar