Kamis, 12 Juli 2012

Blayag

Blayag adalah salah satu makanan khas masyarakat Bali khususnya Buleleng yang kini keberadaannya semakin jarang ditemui, salah satu penyebabnya adalah modernisasi dan persaingan pasar makanan yang menyebabkan masyarakat tidak mengembangkan kuliner lokal yang satu ini.


Padahal kalau bicara masalah rasa, sudah barang tentu tidak kalah mantap dari masakan yang kini berkembang dalam masyarakat yang notabene adalah masakan luar negeri. Ketupatnya yang terasa nyangluh, serta bumbunya yang diracik sedemikian rupa membuat kuliner yang satu ini memiliki rasa yang khas yang membuatnya berbeda dengan masakan lainnya (pokoknya tidak kalahlah dari makanan-makanan paman sam). Apalagi kalau ditambah dengan renyahnya kacang komak membuat rasanya menjadi tambah top! (pengalaman pribadi).

Sekarang banyak peminat mulai bermunculan kembali dikarenakan cita rasanya yang memang terkenang di lidah penikmatnya, hanya saja kedai penjual yang ditemui sudah semakin jarang. Kalau dilihat dari kacamata bisnis, peluang usaha penjualan blayag ini memiliki persentase yang menjanjikan, terbukti dengan antrian yang jarang sepi serta cepatnya habis persediaan (pengalaman pribadi lagi), namun mungkin karena proses produksinya yang terbilang rumit apalagi dengan manajemen yang masih tradisonal membuat para pedagang tidak bisa bertahan lama. Semoga ke depan kuliner-kuliner seperti ini bisa lebih berkembang dan kita bisa menikmatinya kapanpun dan dimanapun kita mau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar